AQUAGrup, pelopor Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) di Indonesia, menguatkan komitmennya untuk mewujudkan Indonesia yang sehat dengan meluncurkan Gerakan “Dari Kita untuk Indonesia (DKUI)”. Gerakan ini merupakan salah satu wujud kepedulian AQUA Grup untuk berkontribusi terhadap peningkatan akses air bersih dan penyehatan lingkungan melalui pemberdayaan masyarakat dan kemitraan multipihak.

Gerakan DKUI ditujukan untuk mengajak publik mengingat pentingnya upaya menjaga kualitas, kuantitas serta keberlanjutan air melalui pelestarian lingkungan, sekaligus mengundang seluruh konsumen AQUA Grup untuk berpartisipasi dalam program tersebut. Agar dapat menyentuh berbagai lapisan masyarakat, gerakan ini pun melibatkan berbagai pihak termasuk tokoh publik, gerai ritel, komunitas pelaku seni, dan berbagai pihak lainnya.

Brand Director AQUA Febby Intan menjelaskan, “Dengan diluncurkannya gerakan ini, kami mengundang publik untuk terlibat dalam aktivitas DKUI untuk menjaga kelestarian air bersih di Indonesia. Mari kita mulai dari hal yang paling sederhana, yaitu dengan menggunakan air secara bijak.”

Berbagai aktivitas dalam Gerakan DKUI ini telah dikembangkan AQUA Grup, antara lain melalui Theme Song DKUI yang dinyanyikan oleh sederetan artis Indonesia untuk mengajak masyarakat turut menjaga kelestarian air. Aktivitas yang lain adalah kompetisi infografis di mana bakat-bakat designer muda ditantang untuk menyajikan data statistik mengenai akses air bersih di Indonesia dalam bentuk yang mudah dipahami.

Febby menambahkan, “Selain itu kami juga membuka peluang bagi seluruh konsumen yang memiliki kepedulian kepada sesama untuk dapat melihat langsung dan menjadi bagian dari proyek peningkatan sarana air bersih dan sanitasi di daerah-daerah tertentu di Indonesia. Hal ini terutama ditujukan untuk memberi inspirasi yang bisa mereka sampaikan kembali kepada komunitas asalnya.”

Gerakan DKUI mendapat sambutan hangat dari Prof. Nila Moeloek sebagai Utusan Khusus Presiden Republik Indonesia untuk Millennium Development Goals (MDGs). Beliau mengatakan, “Meskipun Indonesia telah membuktikan perkembangan yang signifikan di beberapa aspek pencapaian MDGs, kita masih perlu bekerja keras untuk betul-betul dapat meraih target di tahun 2015 mendatang. Dibutuhkan fokus yang lebih lagi di beberapa hal termasuk akses air minum dan sanitasi. Oleh karenanya inisiatif seperti Gerakan “Dari Kita untuk Indonesia” ini sudah selayaknya mendapat dukungan kita semua, sekecil apapun kontribusi yang diberikan.”

Bersamaan dengan peluncuran gerakan ini, berbagai informasi perkembangan kegiatan peningkatan akses air bersih yang dijalankan AQUA Grup di bawah program Water Access, Sanitation and Hygiene (WASH) juga dapat diakses melalui situs resmi AQUA (www.aqua.com/darikita).

“Salah satu upaya AQUA Grup dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat adalah melalui pengembangan program akses air bersih dan penyehatan lingkungan yang sudah dimulai sejak 2007. Kami menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat dan daerah, mitra LSM, civitas akademika serta masyarakat yang bekerja sama dengan kami dalam mewujudkan program ini sehingga dapat memberikan manfaat bagi lebih dari 100.000 orang di lebih dari 70 desa di 17 kabupaten/kota,” papar VP Corporate Secretary PT Tirta Investama, Parmaningsih Hadinegoro.

Dalam melaksanakan programnya di Nusa Tenggara Timur (NTT), AQUA Grup didukung oleh Kelompok Kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (POKJA AMPL), sebuah lembaga adhoc yang dibentuk pada tahun 1997 sebagai wadah atau forum komunikasi dan koordinasi agar pembangunan air minum dan sanitasi berjalan lebih baik.

Ketua POKJA AMPL Nasional/Direktur Permukiman dan Perumahan, Bappenas, Nugroho Tri Utomo, mengatakan, “Pemerintah melalui draft Rencana Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 mengamanatkan bahwa pada 2019 Indonesia bisa mencapai 100% akses (universal access). Artinya, sampai akhir tahun tersebut setiap masyarakat Indonesia baik yang tinggal di perkotaan maupun kawasan perdesaan sudah memiliki akses terhadap sumber air minum aman dan fasilitas sanitasi layak.”

“Saya percaya bahwa dengan berbagai media komunikasi yang digunakan, pesan yang disampaikan dalam Gerakan DKUI akan lebih cepat menyentuh masyarakat luas di segala lapisan. Dengan demikian maka sinergi yang saat ini sudah berjalan antara pemerintah, LSM dan pihak swasta dalam mendukung pencapaian target 100% akses tersebut akan semakin kuat karena terdapat peran aktif masyarakat di dalamnya,” ujar Nugroho.

- Selesai -

 

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:

Departemen Corporate Communication

Danone AQUA

Tel: 021 – 2996 1000

E-mail: corpcomm.aqua@danone.com

 

Nurniyyati

Cognito Communications Counsellors

Tel: 021 – 7399928

E-mail: nurniyyati@cognito.co.id

HP: 0813 1744 8664