Jakarta, 19 Januari 2012 – Danone kembali meluncurkan program kompetisi bisnis ”TRUST”, suatu kompetisi bisnis yang dirancang khusus untuk mahasiswa yang ingin mendapatkan wawasan nyata ke isu dunia usaha saat ini. Dalam kegiatan TRUST Day hari ini, para mahasiswa dari 9 universitas di Indonesia mendapatkan kesempatan untuk merancang sebuah strategi bisnis bagi Danone.
Rudolf Saut, VP HR Danone Aqua yang menjadi Country Leader TRUST 2012 Indonesia mengatakan, “Trust adalah inisiatif global Grup Danone, namun di Indonesia, TRUST lebih dari sekedar kompetisi. Ini adalah bagian dari komitmen kami untuk generasi muda dan bentuk dukungan kami kepada bidang pendidikan di Indonesia, melalui kerjasama dengan universitas-universitas di Indonesia”.
Danone di Indonesia sudah melakukan road show dari bulan Oktober hingga Desember 2011 ke 20 universitas-universitas untuk melakukan seleksi TRUST, sekaligus memperkenalkan mahasiswa kepada Grup Danone dan sebaliknya Grup Danone kepada jajaran universitas. Mahasiswa yang terpilih menjadi peserta TRUST juga akan bersaing untuk satu tahun program Management Trainee dan kemudian program pengembangan terstruktur untuk mempersiapkan tingkat manajer dalam waktu 3 tahun di perusahaan-perusahaan Danone di Indonesia.
Kini telah terseleksi 28 tim terbaik yang mewakili universitas masing-masing: Universitas Gajah Mada (3 tim), Universitas Indonesia (5 tim), Universitas Sumatera Utara (4 tim), Universitas Diponegoro (3 tim), Universitas Sam Ratulangi (1 tim), Prasetya Mulya Business School (3 tim), Sekolah Tinggi Manajemen PPM (3 tim), Universitas Padjajaran (3 tim) dan Institut Teknologi Bandung (3 tim).
Seluruh 28 tim yang masing-masing terdiri dari lima mahasiswa akan mengerjakan kasus bisnis secara online melalui sebuah software yang dibuat khusus oleh Danone sehingga dapat diakses lewat internet. Setiap tim dituntut untuk membuat strategi bisnis perusahaan dalam kondisi waktu tiga bulan secara riil selama enam jam. Dalam kurun waktu tersebut mereka harus mampu membuat SWOT Analysis (Strength, Weaknesses, Opportunities, Threat), menentukan strategic direction, action plan dan estimasi profit & loss perusahaan selama tiga tahun ke depan.
“Kami berharap para mahasiswa mendapat keuntungan dari pengalaman yang menarik yang telah dirancang untuk memperluas kemampuan dan memperdalam pemahaman bisnis mereka,” lanjut Rudolf.
Selanjutnya, 15 tim akan diseleksi untuk mengikuti final nasional TRUST, dimana mereka akan berkompetisi untuk mempresentasikan strategi bisnis mereka dan berinteraksi secara singkat dengan para manajer senior DANONE di Indonesia. Selanjutnya lima tim terbaik, akan mempresentasikannya kepada para Dewan Direkur Danone di Indonesia, hingga akhirnya terpilih satu pemenang yang akan mendapatkan kesempatan mengunjungi kantor pusat Danone dan beberapa lokasi bisnis serta bertemu dengan para pimpinan Danone di Paris, Perancis.
Tentang DANONE
Sebagai adalah salah satu perusahaan di bidang makanan yang berkembang sangat cepat di dunia, Danone berada di lebih dari 120 negara di lima benua. Misi DANONE adalah menyediakan kesehatan melalui makanan dan minuman yang bernutrisi dan dengan harga yang terjangkau kepada sebanyak mungkin orang. Pada tahun 2010, Danone memiliki lebih dari 160 pabrik dan sekitar 100.000 karyawan, dan mencatat penjualan sebesar 17 juta Euro, dimana separuhnya ada di negara berkembang. Saat ini Danone menjadi pemimpin dalam bisnis makanan sehat dalam empat kategori : produk fresh dairy (nomor 1 di dunia), air dan nutrisi bayi (nomor 2 di dunia), dan nutrisi medis (nomor 1 di Eropa). DANONE terdaftar dalam Euronext Paris. Selain itu DANONE juga memiliki ranking yang baik dalam indeks utama dari tanggung jawab sosial Dow Jones Sustainability Index Stoxx and World, ASPI Eurozone dan Ethibel Sustainability Index.
Di Indonesia saat ini DANONE beroperasi di empat kategori bisnis yaitu produk nutrisi ibu dan anak yang dihasilkan oleh SARIHUSADA (SGM, Lactamil) dan NUTRICIA (Nutrilon, Bebelac, Nutrima), produk nutrisi medis seperti Neocate yang dihasilkan oleh NUTRICIA MEDICAL NUTRITION, produk-produk dairy seperti Activia dan Milkuat yang dihasilkan oleh DANONE DAIRY serta produk minuman dalam kemasan (AQUA, Mizone, Vit) yang dihasilkan oleh DANONE AQUA.
Press contact:
021 2996 1000