Hari jadi AQUA ke-40 tahun ini kembali ditandai dengan prestasi yang diraih oleh salah satu unit usahanya yaitu minuman Mizone yang memperoleh penghargaan di bidang social media. Dalam acara penganugerahan Indonesia’s Most Outstanding Brand Campaign 2013 yang diselenggarakan oleh Majalah pemasaran Indonesia Mix yang merupakan bagian dari Majalah Swa, aktivitas social Mizone City Project dari Mizone berhasil terpilih menjadi pemenang pertama, mengalahkan merk – merk terkemuka Indonesia lainnya.
Acara penghargaan Indonesia’s Most Outstanding Brand Campaign 2013 merupakan ajang apresiasi terhadap aktivitas kampanye media sosial oleh berbagai brand di Indonesia. Penghargaan diserahkan oleh Pemimpin Umum Majalah Mix, Kemal Gani di Jakarta, Kamis, 2 Mei 2013 disaksikan oleh ratusan peserta Seminar Digital dan Sosial Media 2013.
Mizone City Project adalah sebuah kampanye yang bertujuan untuk menggerakkan masyarakat Indonesia, khususnya para generasi muda untuk bersama-sama melakukan perubahan guna menciptakan suasana kota yang lebih bersemangat. Kampanye ini sendiri berlangsung sepanjang paruh pertama tahun 2012.
Troy Pantouw, Direktur Komunikasi Perusahaan Danone AQUA Grup mengatakan, “Penghargaan ini adalah suatu kebanggaan tersendiri bagi perusahaan kami yang tahun ini merayakan ulangtahun ke-40. Kami berterima kasih kepada Majalah MIX serta segenap dewan juri yang telah memberikan pengakuan bagi kami dalam usaha kami untuk terus menularkan semangat khas Mizone kepada masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda .”
“Kami memandang Mizone City Project sebagai langkah awal yang bisa digunakan kalangan muda untuk terus mempunyai semangat yang positif serta menularkan semangat positif ini kepada lingkungan dan kotanya. Kami juga berharap kaum muda lebih jeli lagi dalam menggunakan sosial media sebagai sarana menyebar informasi yang memiliki semangat yang positif ,” tambah Troy.
Mizone City Project sendiri terinspirasi dari adanya fenomena perasaan bad mood (perasaan tidak menyenangkan) yang marak diekspresikan masyarakat yang menetap di kota besar, terutama usia muda, yang disampaikan melalui sosial media Twitter. Fenomena ini membuat Mizone tergerak untuk melakukan survey untuk mengukur tingkat bad mood yang ada di sembilan kota besar di Indonesia: Jakarta, Bandung, Denpasar, Medan, Palembang, Semarang, Surabaya, Malang dan Yogyakarta.
Survey ini menyimpulkan bahwa jumlah tweet (kicauan) bernada bad mood jauh lebih banyak daripada tweet good mood (perasaan menyenangkan). Selain itu, temuan menarik lainnya adalah bahwa puncak tweet bad mood ini terjadi tidak di hari Senin seperti perkiraan sejumlah besar masyarakat, namun justru pada hari Rabu.
Berangkat dari temuan ini, maka Mizone City Project mencoba untuk mengajak masyarakat melalui wahana social media untuk mencoba meningkatkan perasaan agar lebih bersemangat dengan mengadakan kegiatan yang berfokus pada kemampuan menyanyi, menari dan berakting melalui street musical/aktivitas music jalanan pertama di Indonesia. Kegiatan ini dipilih karena besarnya antusiasme penggemar Mizone yang meminta kembali diadakannya kegiatan seperti flashmob yang berhasil dipopulerkan Mizone menjelang akhir tahun 2010 silam. Hal ini merupakan cerminan dari sifat konsumen Mizone yang selalu ingin aktif berpartisipasi.
Setelah “Mizone City Project”, Mizone telah meluncurkan berbagai kampanye sosial media lainnya yang bertujuan sebagai pengingat kepada masyarakat untuk menjaga semangatnya agar tidak “K.O”., sejalan dengan jargon yang disampaikan, yaitu “Bantu Semangat OK Lagi”.
Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:
Troy Pantouw
Corporate Communication Director
Danone Aqua Group
Corpcomm.Aqua@danone.com