KONTAN.CO.ID – Danone Indonesia sukses meraih enam penghargaan sekaligus pada program “INDONESIA’S BEST CORPORATE SUSTAINABILITY INITIATIVES 2023” yang diselenggarakan oleh Majalah MIX MarComm dari SWA Media Group. Penghargaan yang berhasil diraih baik dalam konteks inisiatif program maupun pada aspek kepemimpinan.
Penghargaan yang diraih ialah pada kategori Indonesia Best Corporate Sustainability Initiatives 2023 dengan sub kategori Circular Economy untuk program #BijakBerplastik dan sub kategori Creative Philanthropy untuk program Water and Sanitation Credit for Rural Community – Based Organization.
Selain itu Danone Indonesia juga meraih kategori Most Engaging Sustainability Initiatives Program 2023 untuk program #BijakBerplastik dan Inclusive Recycling Indonesia (IRI). Semua mendapat predikat Excellent.
Sedangkan penghargaan dalam aspek kepemimpinan diraih pada kategori Indonesia Best Corporate Sustainability Warrior 2023 dengan sub kategori Corporate Sustainability Top Leader untuk Karyanto Wibowo selaku Sustainability Development Director dengan predikat Excellent dan sub kategori Corporate Sustainability Team Warrior untuk Danone Sustainability Team dengan predikat Very Good. Hal ini menunjukkan pencapaian Danone Indonesia dalam menciptakan pemimpin dan tim yang berperan besar dalam mendorong perusahaannya untuk selalu berkontribusi menciptakan dunia yang lebih baik. Karyanto Wibowo – Sustainability Development Director Danone Indonesia, menyampaikan rasa terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada Danone Indonesia, “Keenam penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas kerja tim Danone Indonesia, khususnya sebagai bukti bahwa bisnis dapat digunakan untuk menciptakan kebaikan melalui inisiatif yang bermanfaat bagi lingkungan, masyarakat termasuk para konsumen.
Dengan pendekatan berbasis kolaborasi multipihak bersama pemerintah maupun stakeholders, kami berharap dapat memberikan dampak positif yang konkrit. Kami yakin bahwa pencapaian ini dapat memicu Danone Indonesia untuk terus melanjutkan komitmennya dalam melaksanakan berbagai program kebaikan. Kami berterima kasih dan merasa bangga atas apresiasi yang diberikan dalam ajang Indonesia’s Best Corporate Sustainability Initiatives 2023.” ungkap Karyanto. Penghargaan yang diberikan pada 21/11 di Jakarta dilakukan oleh Majalah MIX MarComm untuk mendorong perusahaan memperluas dan mengembangkan inisiatif keberlanjutannya ke masing-masing bisnis perusahaan. Kategori Indonesia Best Corporate Sustainability Initiatives 2023, memiliki 7 sub kategori yang diantaranya adalah Circular Economy, Cause Promotion, Creating Shared Value, Creative Philanthropy, Employee Volunteering, Responsible Business Practices, dan Corporate Social Marketing. Pada kategori Indonesia Best Corporate Sustainability Warrior 2023, memiliki 2 sub kategori yaitu Corporate Sustainability Top Leader Warrior dan Corporate Sustainability Team Warrior. Lis Hendriani – Pemimpin Redaksi Majalah MIX MarComm menjelaskan penyelenggaraan awarding untuk CSR kali ini berbeda pada umumnya, yang biasanya diberikan kepada korporasi secara umum—tanpa merujuk pada program tertentu yang diselenggarakan perusahaan, Indonesia’s Best Corporate Sustainability Initiatives diberikan kepada korporasi atas program tertentu.
“Hal ini dilakukan untuk mendorong perusahaan memperluas inisiatif keberlanjutannya dengan mengintegrasikan program ke dalam masing-masing lini dalam proses bisnis, serta mengembangkan eksekusinya secara lebih kreatif, inovatif, dan relevan, sesuai dengan tantangan yang dihadapi. Adapun kriteria penilaian program, didasarkan pada empat aspek, yakni konsep, eksekusi atau pelaksanaan, potensi dampak, dan keberlanjutan.
Sementara itu, untuk kriteria penilaian Sustainability warriors, didasarkan pada Visi jangka panjang dan roadmap CSR perusahaan, Visi korporasi dalam mendukung SDGs, Peran top leader dalam perencanaan program, dan keterlibatan multistakeholders” ucapnya.
Tahun ini juga merupakan tahun utama Majalah MIX menggunakan sistem rating dalam penghargaannya dan mengukur engagement rate dan meng-index engagement rate seluruh program inisiatif keberlanjutan yang menjadi partisipan.
Terdapat empat dewan juri pada anugerah Indonesia’s Best Sustainability Initiatives dan Sustainability Warriors 2023, diantaranya yaitu Dr. Gancar C Premananto, CMA., CDM., QCRO., AIBIZ., Head of Management Department FEB UNAIR; Fardila Astari, IAPR, Communications Director Rajawali Foundation dan Wakil Sekretaris Umum Persatuan Humas Indonesia (Perhumas); Ir. Dwi Rahmad Muhtaman, MPA, Founder & Presiden Direktur Remark Asia dan co-founder Lembaga Alam Tropika Indonesia; dan Dr. A. Edhy Aruman, Senior Editor Majalah MIX MarComm dan SWA Media Group, dosen LSPR Institute of Communications and Business, Assessor untuk sertifikasi profesi jurnalis Indonesia. Program Danone Indonesia, #BijakBerplastik berhasil meraih penghargaan Indonesia Best Corporate Sustainability Initiatives 2023 dengan hasil penilaian Excellent dan penghargaan Most Engaging Sustainability Initiatives Program 2023 dengan hasil index 93,092.
Program yang bertujuan untuk turut menyelesaikan permasalahan sampah plastik di Indonesia ini terbukti berhasil menurunkan sampah tetap yang berada di TPA hingga 14 persen menurut hasil LPEM Universitas Indonesia.
Penghargaan kedua yang diraih pada kategori Indonesia Best Corporate Sustainability Initiatives 2023 yaitu program Water and Sanitation Credit for Rural Community – Based Organization dengan hasil penilaian Excellent. Program ini berkontribusi dalam mendukung 100% akses air bersih dan turut memfasilitasi akses sanitasi di beberapa daerah di Indonesia.
Selain itu, pada program Inclusive Recycling Indonesia, yaitu program yang bertujuan untuk mengurangi sampah plastik di Indonesia juga meraih penghargaan pada kategori Most Engaging Sustainability Initiatives Program 2023 dengan hasil index 90,030. Pada kategori Indonesia Best Corporate Sustainability Warrior 2023 dengan sub kategori Corporate Sustainability Top Leader untuk Karyanto Wibowo selaku Sustainability Development Director mendapatkan hasil penilaian Excellent. Pada sub kategori Corporate Sustainability Team Warrior, Danone Indonesia juga meraih penghargaan untuk Danone Sustainability Team dengan hasil penilaian Very Good.
Penghargaan ini diraih melalui penilaian berdasarkan visi jangka panjang perusahaan dan roadmap CSR perusahaan, visi korporasi dalam mendukung SDGs, Peran top leader dalam perencanaan program, dan keterlibatan multi stakeholders. “Kami akan terus menebarkan inisiatif kebaikan melalui program keberlanjutan yang terus berdampak baik pada kehidupan. Kami yakin melalui penghargaan yang kami peroleh, tentu menambah semangat kepada kami dan seluruh perusahaan untuk berkolaborasi dan menjadikan keberlanjutan sebagai bagian dari business model-nya.” ujar Karyanto.