Danone AQUA meluncurkan program ‘Temukan Indonesiamu’ sebagai wujud kepedulian terhadap pelestarian nilai-nilai seni budaya Indonesia. program ini memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk mengeksplorasi kembali kekayaan Indonesia melalui teknologi digital dan sekaligus mengekspresikan kecintaan mereka terhadap seni, khususnya fotografi dan desain grafis

Brand Director Danone AQUA, Febby Intan, menjelaskan bahwa generasi muda memainkan peranan penting dalam upaya pelestarian kekayaan seni dan budaya Tanah Air. Danone AQUA percaya lewat pemikiran kreatif dari talenta muda Indonesia, kesederhanaan yang terjadi di kehidupan sehari-hari dapat menjelma menjadi karya seni bermakna yang dapat membangkitkan kecintaan terhadap Tanah Air. Untuk itu, tahun ini pertama kalinya, Danone AQUA meluncurkan program ‘Temukan Indonesiamu’ yang ditujukan bagi anak muda Indonesia.

Menargetkan generasi muda, Danone AQUA membuka kompetisi desain grafis dan fotografi sebagai media yang lekat dengan anak muda Indonesia masa kini. Program ini secara detail bisa di kunjungi di  www.TemukanIndonesiamu.com..”Kami memilih digital sebagai platform untuk kompetisi ini guna menjaring sebanyak mungkin anak muda,” ungkap Febby.

Program ‘Temukan Indonesiamu’ ini diawali dengan menggandeng Renata Owen, seorang perancang grafis muda berbakat Tanah Air untuk mendesain label botol AQUA 600 ml edisi khusus Temukan Indonesiamu yang akan dapat dijumpai di pasaran selama bulan Mei 2013 di wilayah Jawa – Bali.

Renata mengatakan “Desain yang saya ciptakan untuk label botol AQUA edisi khusus kali ini bertemakan Keindahan Indonesia. Desain tersebut menampilkan sudut pandang saya sebagai anak muda terhadap Indonesia. Menurut saya, dengan seni dan budaya yang begitu beragam, Indonesia merupakan sumber inspirasi yang kaya. Melalui desain ini, saya mengajak anak muda Indonesia untuk mengeksplorasi kekayaan Indonesia dan menjadikannya inspirasi untuk berkarya.”

Danone AQUA mengharapkan banyak generasi muda seperti Renata yang akan ikut serta berpartisipasi dalam program ini, sebagai upaya untuk menunjukkan potensi mereka dalam seni dan mengangkat kecintaan mereka terhadap Indonesia.

Direktur Indonesian Visual Art Archive (IVAA) Farah Wardani mewakili juri “Temukan Indonesiamu” bersama seorang fotografer professional, Timur Angin, fotografer  mengatakan “Masyarakat Indonesia memang senang berkesenian. Sejak dulu, seni telah menjadi medium berekspresi. Apapun kondisi kehidupan Indonesia, sedang naik atau turun, karya seni yang dihasilkan oleh para seniman Indonesia selalu menarik dan penuh makna.” Dia menambahkan bahwa saat ini apresiasi seni dari masyarakat sudah makin tinggi. Karya seni telah dipandang sebagai salah satu wadah untuk dapat mengaktualisasikan diri secara kreatif.

Dalam penyelenggaraan program Temukan Indonesiamu ini, Danone AQUA turut melibatkan banyak pihak, termasuk salah satunya adalah aktor Nicholas Saputra yang ditunjuk menjadi sosok yang dipercaya untuk menjelaskan tentang program Temukan Indonesiamu dalam klip di social media.

Juri fotografi “Temukan Indonesiamu” Timur Angin mengatakan bahwa dengan perkembangan teknologi yang pesat akhir-akhir ini, masyarakat luas khususnya generasi muda dapat dengan mudah menjadikan hal-hal menarik di sekitarnya menjadi suatu karya seni. “Cukup dengan smart phone, semua orang bisa menghasilkan karya foto yang artistik dan menarik. Saya mengajak generasi muda untuk menjadikan foto sebagai sarana komunikasi yang menginspirasi orang lain untuk melakukan hal positif,” ucapnya

Peserta dengan karya desain grafis terbaik yang dipilih oleh para juri, akan berkesempatan untuk mendesain label botol AQUA edisi khusus selanjutnya. Sedangkan untuk karya foto terbaik akan ditampilkan sebagai desain billboard edisi Temukan Indonesia. Sebagai puncak program Temukan Indonesia, Danone AQUA akan melelang 40 karya seni dari seniman Indonesia dan keseluruhan dari hasil pelelangan tersebut akan disumbangkan ke Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI).

“Dengan Temukan Indonesiamu, Danone AQUA berharap generasi muda Indonesia dapat lebih merasa memiliki, bangga dan mencintai Tanah Airnya. Danone AQUA berkomitmen menjadikan program ini jangka panjang di masa mendatang untuk mengangkat potensi anak muda berbakat serta menginspirasi lebih banyak lagi generasi muda di Indonesia,” tutup Febby.

***

Tentang AQUA

AQUA merupakan pelopor air minum dalam kemasan di Indonesia yang didirikan tahun 1973. AQUA merupakan produk terkemuka di Indonesia dan memiliki volume penjualan terbesar di dunia untuk kategori air mineral. AQUA berasal dari 100% mata air pegunungan alami yang mengandung mineral seimbang yang menyehatkan. AQUA adalah bagian dari kelompok usaha DANONE, salah satu produsen produk makanan dan minuman terbesar di dunia. Di Indonesia sendiri, unit usaha DANONE meliputi empat kategori utama, yaitu minuman (AQUA dan Mizone), produk susu olahan  (Milkuat, Activia), dan makanan bayi (Nutricia dan Sari Husada dengan produknya seperti SGM, Vita Plus, Lactamil, dan Vitalac), serta nutrisi medis.

 

Tentang Temukan Indonesiamu

‘Temukan Indonesiamu’ adalah sebuah ajang bagi generasi muda untuk dapat menjelajahi kekayaan alam yang dimiliki Indonesia, baik dari segi kebudayaan, kesenian, maupun sumberdaya alam. Kekayaan tersebut perlu diapresiasi oleh generasi muda Indonesia agar mereka bisa lebih bangga memiliki dan mencintainya.

AQUA sebagai merek nasional yang sudah bersama-sama dengan Indonesia selama 40 tahun, ingin mengajak generasi muda Indonesia untuk menjelajahi dan menginterpretasikan kekayaan Indonesia yang tersirat dalam hal-hal sederhana di sekitar lingkungan kehidupan sehari-hari melalui seni dan fotografi, lewat program ‘Temukan Indonesiamu’.

AQUA berkomitmen untuk memberikan apresiasi karya-karya generasi muda berbakat agar mereka bisa berkarya dengan cara mengeksplorasi keindahan Indonesia.

Untuk mengetahui lebih lanjut dan bergabung dengan ajang ‘Temukan Indonesiamu’, silakan kunjungi laman www.temukanindonesiamu.com

 

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:

Troy Pantouw
Corporate Communication Director
Danone AQUA
T: (021) 2996 1000
E: corpcomm.aqua@danone.com

Nunung Nurjanah
Media Relations Manager
Prodigy PR
T: (021) 2567 5422 ext. 343
E: nunung@bornprodigy.com