Hari ini, AQUA Grup mengumumkan pemenang Anugerah Jurnalistik AQUA IV (AJA IV) yang dimulai sejak Maret 2014 dengan tema “Air dan Kehidupan Untuk Indonesia yang Lebih Sehat”.  . Ajang kompetisi AJA IV ini menetapkan 15 karya terbaik yang mewakili karya tulis jurnalistik, karya tulis umum, karya foto jurnalistik dan foto umum serta liputan televisi serta 2 karya inspiratif.  
 
AJA merupakan bentuk apresiasi AQUA Group terhadap insan media dan masyarakat penggiat media sosial yang melalui karyanya telah menginspirasi  publik akan pentingnya air dalam kehidupan. Sebagai elemen yang dipercaya untuk membawa perubahan kearah yang lebih baik, media berperan penting dalam upaya pelestarian air dan lingkungan. Demikian juga dengan ranah sosial media yang keberadaannya semakin popular dan tak dapat dipandang sebelah mata. 
 
Hingga  penutupan penerimaan karya pada 30 Agustus, sebanyak 1.238 karya telah diterima panitia yang terdiri dari 439 karya tulis jurnalistik, 220 karya tulis umum,298  karya foto jurnalistik, 203 karya foto umum dan 50 liputan televisi, baik dari media nasional maupun lokal.  Jumlah penerimaan karya ini meningkat dibandingkan 1.138 karya pada AJA III.  
 
Karya yang telah masuk dinilai oleh dewan juri selama Agusuts-September 2014, secara independen tanpa ada pengaruh dari pihak lain. Dewan Juri tersebut terdiri atas: 
  1. Ninok Leksono, Jurnalis Senior Kompas dan Rektor Universitas Multimedia Nusantara
  2. Enny Nuraheni, Fotografer Profesional
  3. Eko Maryadi, Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI)
  4. Oscar Motuloh, Pendiri Galeri Foto Jurnalistik Antara 
  5. Enda Nasution, Pegiat Media Sosial
  6. Cindy Rianti Priadi, Pakar Lingkungan, Penasehat Greeneration, dan Dosen Teknik Lingkungan Universitas Indonesia) 
  7. Profesor Sasa Djuarsa Sendjaja, Guru Besar Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia
 
Prof. Sasa Djuarsa Sendjaja mengatakan bahwa sebagian besar karya yang masuk  sangat baik dan dengan beragam tema menarik sehingga tidak mudah bagi juri untuk menentukan mana  karya terbaik. “Proses penjurian yang dilakukan tidak hanya membaca, melihat dan menilai, namun juga melalui perdebatan yang panjang dengan para juri.  Perdebatannya mengenai aspek penilaian dan sudut pandang serta kisah yang termuat dalam melihat karya, Sehingga, terpilihlah 17 karya terbaik ini,” ujar Prof. Sasa Djuarsa sebagai perwakilan juri dari kalangan akademisi.
 
Selain sebagai bentuk apresiasi kepada media dan pegiat media sosial, AJA juga diharapkan memberikan inspirasi kepada masyarakat luas untuk terlibat aktif dalam pelestarian air dan lingkungan.  
 
Salah satu juri, Ninok Leksono juga mengatakan hal yang sama.  Ia menyebutkan pentingnya kompetisi seperti ini dalam upaya menyelesaikan persoalan tentang air dan lingkungan. "Lomba AJA menggaris-bawahi pentingnya masalah pengadaan air bersih sebagai jendela menuju kesehatan masyarakat. Dari karya-karya yang dilombakan, baik tulis, maupun video, tampak jelas bagaimana masih akutnya permasalahan air ini di berbagai sudut negeri. Semoga AJA dapat terus menyuarakan isu yang semakin strategis ini." 
 
Terkait AJA, Eko “Item” Maryadi mengungkapkan bahwa AJA yang sudah memasuki tahun ke-4 adalah salah satu ajang bergengsi  dikalangan media, terutama bagi wartawan dan fotografer bidang lingkungan. “Banyak lembaga yang memberikan penghargaan untuk para jurnalis, namun tidak banyak yang mampu menjaga konsistensi keberlangsungannya. Melalui pemberian penghargaan karya jurnalistik akan turut memompa semangat para insan media untuk menghasilkan karya yang lebih baik lagi,” ujar Eko.
 
VP Corporate Secretary PT. Tirta Investama, Parmaningsih Hadinegoro, mengatakan bahwa dengan penyelenggaraan AJA IV ini diharapkan semakin banyak pihak yang turut terlibat dalam gerakan pelestarian air dan lingkungan.  “AQUA Grup, sebagai bagian dari masyarakat Indonesia memiliki komitmen untuk berkontribusi pada terjaganya kualitas dan kuantitas air melalui inisiatif sosial dan lingkungan AQUA Lestari.    Dalam melaksanakan inisiatif keberlanjutan AQUA Lestari, kami berupaya untuk melibatkan seluruh pihak agar manfaatnya dapat berkelanjutan.  Media menjadi kunci penting untuk memberikan inspirasi agar seluruh pihak mau untuk terlibat,”,” ujar Parmaningsih.  
 
Terkait pelaksanaan AJA, Direktur Komunikasi Perusahaan PT. Tirta Investama, Troy Pantouw, mengatakan bahwa AQUA Grup secara konsisten menyelenggarkan AJA sejak 2010. Hal yang berbeda dengan penyelenggaraan AJA kali ini adalah adanya kategori karya inspiratif. “Ada 2 karya inspiratif  yang akan mendapatkan tiket perjalanan ke Evian, di Perancis. Kedua pemenang inspiratif ini dapat melihat langsung pengelolaan air dan lingkungan yang dilakukan oleh Evian,” jelas Troy.  
 
Ia melanjutkan bahwa adanya penambahan kategori AJA di setiap tahunnya karena semakin variannya media yang dapat memberikan inspirasi.  “Tahun ini kita menambahkan kategori foto dari masyarakat umum karena semakin berkembangnya jurnalisme warga.  Mohon dukungan masyarakat semoga penyelenggaraan AJA dapat dilakukan setiap tahunnya,” ujar Troy  
 
Selain tiket perjalanan ke Evian untuk dua pemenang inspiratif, para pemenang untuk seluruh kategori mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 15 juta untuk pemenang pertama, Rp 10 juta untuk pemenang kedua, dan Rp 7 juta untuk pemenang ketiga.  
 
***
Tentang Anugerah Jurnalistik Aqua (AJA)
 
Anugerah Jurnalistik Aqua (AJA) merupakan apresiasi dari AQUA Grup bagi insan pers dan penggiat media sosial dalam memberikan karya yang inspiratif untuk kelestarian air dan lingkungan.  AJA diselenggarakan sejak 2010, dan pada 2014 ini merupakan penyelenggaraan yang ke-empat. Ajang ini terbuka bagi jurnalis dan masyarakat umum yang karyanya sudah dipublikasikan di media massa dan sosial di Indonesia selama periode 1 Mei 2013 hingga Juni 2014.  Keterangan mengenai AJA dapat diikuti melalui  www.aqua.com/anugerahjurnalistik/
 
Tentang AQUA
AQUA merupakan pelopor Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) di Indonesia yang didirikan tahun 1973. Sebagai perwujudan visi dan komitmen dalam mengelola operasional secara bertanggung jawab dalam sosial dan lingkungan, AQUA mengembangkan inisiatif AQUA Lestari yang terdiri dari empat pilar yaitu, Pelestarian air dan lingkungan, Praktik Perusahaan Ramah Lingkungan, Pengelolaan Distribusi Produk serta Pelibatan dan Pemberdayaan Masyarakat.  AQUA adalah bagian dari kelompok usaha DANONE, salah satu produsen produk makanan dan minuman terbesar di dunia. Di Indonesia sendiri, unit usaha DANONE meliputi empat kategori utama, yaitu minuman (AQUA dan Mizone), produk susu olahan  (Milkuat, Activia), dan makanan bayi (Nutricia dan Sari Husada dengan produknya seperti SGM, Vita Plus, Lactamil, dan Vitalac), serta nutrisi medis.  Laporan keberlanjutan AQUA dapat diakses melalui www.aqua.com.  Untuk masukan serta keluhan pelanggan, dapat disampaikan melalui AQUA Menyapa 08071588888 atau melalui Facebook Sehat AQUA dan www.aqua.com
 
Informasi lebih lanjut silakan  menghubungi:
 
Departemen Corporate Communication AQUA Grup                                                                           
Telepon : (021) 2996 1000                                                                 
Email       : corpcomm.aqua@danone.com